Cuma Miliki Satu Indung Telur (Ovarium), Apa Wanita Masih tetap Dapat Hamil?

Ovarium ialah organ yang berperan untuk menghasilkan sel telur serta hormon. Wajarnya, tiap-tiap wanita mempunyai dua ovarium atau indung telur. Akan tetapi, ada banyak keadaan yang mewajibkan satu ovarium wanita diangkat, contohnya sebab kanker ovarium, serta pada akhirnya tersisa satu ovarium saja. Yang jadi pertanyaan, apa wanita masih tetap dapat hamil dengan satu indung telur? Tersebut penjelasannya.

Mungkinkah hamil dengan satu indung telur saja?


Lumrah saja jika Anda diliputi perasaan kuatir waktu mempunyai satu indung telur. Masalahnya keadaan Anda pasti tidak seperti wanita normal biasanya yang miliki dua indung telur. Sebab ketidaksamaan berikut, muncul ketakutan jika Anda akan susah miliki anak sebab ‘pabrik’ sel telurnya tinggal samping. Apakah benar demikian?

Berita baiknya, Anda masih tetap dapat hamil walau cukup dengan satu indung telur, lho! Baik dengan satu atau dua ovarium, wanita tetap akan dapat membuahkan sel telur serta berkesempatan untuk hamil saat keadaan ovariumnya sehat.

peluang hamil dengan satu indung telur


Anda mungkin berfikir jika hidup dengan satu indung telur bermakna tidak lagi ada proses ovulasi. Ovulasi ialah proses saat sel telur yang telah masak dikeluarkan dari ovarium ke arah aliran telur (tuba falopii).

Faktanya, pada sebuah siklus menstruasi, ke-2 indung telur akan tidak keluarkan sel telur di waktu yang bertepatan. Tujuannya, ovarium akan melepas satu sel telur dengan bergantian tiap-tiap bulan. Contohnya, bulan ini sel telur akan dikeluarkan oleh ovarium kanan, lalu bulan setelah itu ovarium kiri yang melepas sel telur. Akan tetapi memang, tidak didapati tentu bagaimana posisi sebetulnya.

Saat keadaan ovarium serta tuba falopii Anda sehat, jadi kesempatan kehamilannya akan sama dengan wanita yang miliki dua indung telur. Jadi, Anda tidak butuh cemas kembali sebab Anda tentunya dapat hamil serta miliki anak.

Panduan supaya bisa hamil dengan satu indung telur


Nah, saat ini Anda dapat dikit bernapas lega sebab Anda masih tetap dapat hamil dengan satu indung telur. Yang penting, jagalah keadaan badan Anda serta pasangan masih sehat untuk memudahkan terjadinya kehamilan. Di bawah ini beberapa panduan yang dapat Anda kerjakan agar dapat cepat hamil dengan satu indung telur

  • Konsultasi ke dokter kandungan

Langkah awal yang perlu Anda kerjakan supaya bisa hamil dengan satu indung telur ialah kontrol ke dokter kandungan selekasnya mungkin. Dokter akan lakukan tes darah serta USG untuk lihat keadaan ovarium Anda.

Melalui kontrol USG, dokter akan memberitahu apa ovarium Anda berperan dengan baik serta dapat melepas sel telur dengan maksimal ataukah tidak. Beberapa kontrol lainnya mungkin saja dikerjakan, maksudnya adalah untuk pastikan tidak ada permasalahan medis yang lain yang bisa mengganggu kesuburan.

  • Kalkulasi waktu subur

Tiap-tiap wanita mempunyai siklus serta lama menstruasi yang berlainan. Oleh karenanya, lihat dahulu apa Anda mempunyai siklus menstruasi teratur ataukah tidak.

Bila siklus menstruasi Anda berjalan saat 28 hari, jadi ovulasi diprediksikan akan berlangsung di hari ke 12-14 atau pertengahan siklus menstruasi. Akan tetapi, ini bukan suatu yang tentu. Bisa jadi ovulasi berlangsung bertambah cepat atau lebih lamban.

Rata-rata waktu subur wanita mulai berlangsung di hari ke 10-17 sesudah hari pertama menstruasi. Nah, pada rentang berikut, Anda disarankan untuk teratur berhubungan seks untuk tingkatkan kesempatan terjadinya kehamilan.

  • Lihat pertanda subur

Tidak hanya dengan mengkalkulasi waktu subur, Anda sebenarnya dapat juga memerhatikan pertanda subur pada badan. Umumnya, wanita yang tengah subur akan alami penambahan suhu badan basal serta pergantian pada lendir vagina. Lebih gampangnya kembali, saat ini Anda dapat juga memastikannya dengan alat tes waktu subur yang di jual di toko alat kesehatan paling dekat.