Janganlah Cemas, Kulit Gatal Waktu Hamil Dapat Ditangani dengan 4 Langkah Ini

Waktu hamil, tidak cuma morning sickness yang menyiksa Anda. Kulit gatal dapat juga jadi memperburuk situasi hati. Tentu saja, Anda ingin terlepas dengan keadaan ini secepat-cepatnya, kan? Janganlah kuatir, Anda dapat memudahkan kulit gatal waktu hamil dengan beberapa perawatan seperti di bawah ini.

Langkah menangani kulit gatal waktu hamil


Kulit gatal waktu hamil dapat dikarenakan oleh beberapa perihal. Dari mulai keadaan kulit kering serta iritasi kulit yang terkait dengan pergantian hormon atau keadaan medis spesifik, seperti eksim atau psoriasis. Nah, keadaan itu tentu membuat Anda jadi tidak nyaman. Untuk menurunkan kulit gatal selama saat kehamilan, Anda bisa coba cara-cara, diantaranya :

  • Berendam air hangat dengan oatmeal

Kulit gatal yang dikarenakan oleh iritasi, eksim, serta psoriasi, Anda dapat coba berendam air hangat. Tetapi, bukan berendam seperti umumnya Anda kerjakan, lho. Anda butuh penambahan oatmeal koloid, baking soda, serta minyak mendasar.

mengatasi kulit gatal saat hamil


Triknya gampang, cukuplah haluskan oatmeal serta baling soda. Lantas, campur bahan itu ke dalan bak mandi yang berisi air hangat. Takarannya seputar 1/4 cangkir saja serta imbuhkan beberapa tetes minyak mendasar. Sesudah itu, Anda dapat berendam saat 20 menit serta basuh dengan air bersih.

Manfaat berendam dengan kombinasi oatmeal bisa melegakan kulit Anda dari perasaan gatal. Diluar itu, oatmeal yang memiliki kandungan anti-oksidan dapat juga memudahkan keadaan kulit gatal yang lecet.

Tetapi ingat, berendam air hangat cuma bisa dikerjakan waktu kehamilan telah melalui trimester pertama. Itupun semestinya dikerjakan sesaat saja serta dengan suhu air yang tidaklah terlalu panas.

  • Berendam air susu serta pijat yogurt

Siapa katakan susu serta yogurt cuma dapat dikonsumsi? Bila kulit gatal waktu hamil dikarenakan oleh kulit kering, berendam dengan dengan susu serta pijat yogurt bisa saja jalan keluarnya.

Triknya gampang, cukuplah sediakan 2 cangkir susu bubuk, 1/2 cangkir capung maizena serta 1/2 cangkir baking soda. Tuang semua bahan ke bak mandi serta berendam sangat lama 10 menit.

Lalu, diteruskan dengan pijat dengan yogut tiada perasaan (plain yogurt). Pijat tipis-tipis yogurt pada kulit yang gatal, diamkan saat dua sampai tiga menit. Lantas basuh dengan air hangat serta keringkan badan dengan handuk.

Butuh Anda kenali jika susu serta yogurt memiliki kandungan asam laktat alami yang menolong mengusung beberapa sel kulit mati, mengawasi kelembaan kulit, dan kurangi garis-garis halus di muka.

  • Gunakan losion, bedak, atau cream antigatal

Kulit gatal sebab eksim, kulit kering, iritasi, atau keadaan yang lain dapat ditangani dengan pelembap. Beda dengan pelembap kulit umumnya, untuk kulit gatal ada banyak bahan aktif seperti calamine, hidrokortisone, antihistamin, urea serta lauromacrogol.

Bahan aktif itu mempunyai manfaat untuk menurunkan gatal, baik dengan memberi sensasi dingin pada kulit, menghalangi produksi zat yang membuat gatal oleh badan, atau mengawasi kelemabapan kulit.

Bila kulit telah kecet karena Anda garuk, pelembap yang Anda perlukan umumnya memiliki kandungan Centella Asiatica. Bahan aktif ini kurangi iritasi dengan meregenerasikan beberapa sel kulit bertambah cepat.

Akan tetapi ingat, begitu hamil Anda tidak bisa asal-asalan gunakan produk apapun, termasuk juga pelembap untuk kulit gatal. Jadi, tanyakan terlebih dulu dengan dokter sebelum memakainya.

  • Gunakan pakaian longgar

Waktu hamil, baju yang umumnya cocok bisa saja begitu sempit. Baju yang sempit ini tingkatkan gesekan pada kulit dengan kain. Keadaan ini dapat memunculkan kulit gatal serta iritasi kulit.

Semestinya pilih baju yang cukuplah longgar serta berbahan lembut, seperti katun. Baju itu membuat Anda leih bebas berjalan serta tentu saja kulit dapat bernapas lega. Tidak cuma merubah kulit, baju yang sempit dapat juga mengganggu kehamilan Anda.